6
Apr

When Merry Riana met Chris Gardner (The Pursuit of Happyness)

Kalau segala yang baik terjadi dalam hidup saya, saya rasa itu karena keyakinan yang selalu saya pegang dan kecepatan telinga Tuhan mendengar tiap doa yang saya panjatkan. Banyak cerita yang mengagumkan yang harus saya bagikan karena saya merasa hidup saya terlalu luar biasa untuk disimpan sendiri.

Begitu banyak tokoh yang menginspirasi saya. Satu diantaranya adalah Chris Gardner. Seorang tokoh  yang kisah hidupnya diangkat jadi sebuah buku sekaligus film. Pursuit of Happyness. Film yang entah sudah keberapa kali saya menontonnya. Mungkin sepuluh kali atau lebih. Tapi saya tidak bisa bosan karena kisahnya begitu menginspirasi saya.

 

 

Di film The Pursuit of Happyness, Chris Gardner diperankan oleh Will Smith. Kisah yang mengatakan kebahagiaan bisa diraih lewat kerja keras dan usaha. Kisah yang selalu berhasil membangkitkan naluri pemimpi saya untuk terus bergerak maju ke depan.

Awal bulan Agustus 2012, saya mendengar bahwa Chris Gardner akan datang ke Singapura untuk acara Wealth Expo 2012. Senang sekali tentunya :) Apalagi setelah tau bahwa organizer acaranya adalah AKLTG (Adam Khoo Learning Technology), yang juga merupakan teman dan salah satu bisnis partner saya di Singapura. Saya langsung menghubungi Adam Khoo, dan dia mengundang saya dan Alva untuk hadir. Kami pun diberikan dua tiket eksklusif. I was so happy and can’t wait for the event.

Tapi rasa senang saya lalu diruntuhkan ketika saya tahu bahwa acara seminar itu diadakan tanggal 1 dan 2 September. Sedangkan September 2012 adalah bulan yang sangat penuh jadwal untuk saya. Tanggal 1 saya harus terbang utk seminar di Jakarta, dan berlanjut tanggal 3 seminar di Jogja.

Sedangkan saya tidak tahu Chris Gardner akan hadir di tanggal berapa? Kalau di tanggal 1, berarti hilang kesempatan saya untuk bertemu dirinya. Kalau dia berbicara di tanggal 2, kemungkinan masih ada, karena setidaknya saya masih bisa balik lagi ke Singapura setelah acara seminar saya tgl 1.

“Tanggal dua,” lonjakan kebahagiaan mengisi hati saya begitu mendengar konfirmasi tersebut. Berarti cara satu-satunya supaya saya bisa bertemu dengan Chris adalah saya harus pulang hari di tanggal 1. Jadi Singapore-Jakarta-Singapore dalam sehari. Oke, tidak masalah, asal bisa bertemu Chris Gardner.

1 September 2012.

Saya melangkah dengan semangat di CIP JetQuay Terminal, terminal khusus Changi Airport—yang hanya bisa dilalui oleh orang-orang penting seperti bintang besar atau tamu kenegaraan—untuk menuju ke Jakarta. Di tengah derap langkah saya menuju tempat lounge, dari kejauhan saya melihat sosok berkulit gelap dan bertubuh besar. Dalam hati terbesit pertanyaan mungkin tidak ya itu adalah Chris Gardner?

Luar biasa senangnya ketika pertanyaan iseng itu terjawab. Sosok itu memang adalah Chris Gardner. Saya langsung menghampirinya dan mengajaknya berkenalan. Saya tidak pernah menyangka kalau Chris Gardner ternyata adalah pribadi yang begitu hangat dan ramah. Perbincangan antara saya dan dia mengalir begitu saja. Saya ungkapkan kekaguman saya padanya, dia bertanya dan mendengarkan dengan seksama kisah hidup saya. Lima belas menit yang tak terlupakan.

Saya ceritakan saya harus ke Jakarta tapi malam harinya akan langsung balik ke Singapura demi untuk bisa bertemu dengannya di seminar esok hari. Ia mungkin merasa tersanjung dengan kesungguhan saya. Ia katakan bahwa saya bisa menemuinya kembali di belakang panggung begitu selesai acara. Tentu saja saya menyambut baik undangannya.

“Mudah-mudahan besok anda masih inget dengan saya yah. Nama saya Merry Riana, dan supaya gampang dan ngga lupa, anda bisa mengingat saya sebagai ‘Lady in Red’ karena warna merah adalah warna favorit saya” itulah kalimat penutup perjumpaan saya dengan Chris Gardner (kebetulan hari itu dari busana, tas, bahkan sepatu yg saya pakai juga semua berwarna merah). Saya terbang ke Jakarta dengan membawa satu harapan, semoga besok Chris Gardner masih ingat dengan saya.

Seminar di Jakarta berlalu begitu cepat. Begitu sudah sampai lagi di Singapura saya mempersiapkan buku “Mimpi Sejuta Dolar” saya untuk diberikan padanya. Ini saya berikan untuk sedikit membalas kebaikan hatinya dan kehangatan karakternya dalam berkenalan dengan saya.

2 September 2012.

Wealth Expo 2012 hari ke-2. Chris Gardner dijadwalkan sebagai pembicara di segment terakhir, sekaligus untuk menutup acara Wealth Expo tersebut.

Kalau kemarin saya dikejutkan dengan kehadiran Chris Gardner di JetQuay terminal, sekarang gantian saya yang mengejutkan beliau. Pukul 4 sore, Chris Gardner tiba di backstage Expo Hall. Tim organizer dari AKLTG pun menyambutnya dengan hangat. Tapi siapa sangka kalau ternyata saya pun ikut ada di sana. (Ternyata di hari itu Adam Khoo juga mengajak saya untuk menunggu di backstage, menyambut kedatangan Chris Gardner) :) hehehe …

“Hey, it’s you, Merry?” seru Chris. Chris Gardner ingat!! Chris Gardner ingat pada seorang Merry Riana!

“Wah, ternyata anda masih ingat saya,” ujar saya penuh dengan rasa antusias.

“Of course! I still remember you, Lady in Red.”

Rasa syukur mengaliri hati saya karena kebaikan Tuhan berlipat-lipat ganda. Saya memberikan buku  yang sudah saya siapkan untuk Chris. Dia merasa sangat senang. Lalu satu pertanyaan terakhir darinya membangkitkan naluri pemimpi saya ke level yang lebih tinggi. “Kira-kira di film yang diangkat dari kisahmu ini, aktris Hollywood mana yang terlintas di pikiranmu yang akan cocok memerankan dirimu?” tanyanya.

Saya tertegun dan cuma tertawa. Kisah hidup saya memang rencananya akan diangkat menjadi sebuah film. Tapi bukan di Hollywood, di Indonesia.

“Film saya akan difilmkan di Indonesia, bukan di Hollywood,” jawab saya sambil tertawa kecil.

“Iya, saya tahu, tadi kamu kan juga sudah bilang. Tapi kenapa hanya harus di Indonesia? Saya sudah bagikan kisah saya pada orang banyak. Kisah kamu yang begitu inspiratif juga layak dan harus dibagikan. Kalau bisa dibagikan ke seluruh dunia, kenapa harus kamu bagikan cuma di Indonesia?” tanyanya. Dan itu lagi-lagi membuat saya tertegun. Mimpi saya yang saya kira sudah cukup tinggi, ternyata masih ditantang lagi. Benar juga, kenapa cuma di Indonesia kalau saya bisa bagikan ke lebih banyak orang di berbagai belahan dunia.

“It’s your turn, Merry,” satu pesan penutup dari Chris membuat pertemuan saya dengannya yang ajaib tidak akan terlupakan. “Kalau kisah hidup saya telah menginspirasi kamu, lewat film The Pursuit of Happyness, sekarang giliran kamu. Saya yakin, kisah hidupmu yg akan difilmkan itu bisa memberi inspirasi ke orang banyak.”

Yes, it’s my turn…

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

About Merry Riana

Merry Riana is a Millionaire Entrepreneur, Best-Selling Author and Motivational Speaker.In just a short period of 4 years after her graduation, Merry has earned more than S$1,000,000 through her business. This achievement is featured as an article titled ‘She’s made her first million at just age 26’, in The Straits Times on 26th January 2007. In October 2010, Merry was conferred the Great Women of Our Time Award. As an icon in the regional, financial, and educational communities Merry has broken down barriers to become one of the most admired and watched individuals in the media today. visit www.MerryRiana.org to read more about Merry Riana
This entry was posted in Inspirational, My Life. Bookmark the permalink.

18 Responses to When Merry Riana met Chris Gardner (The Pursuit of Happyness)

  1. Inzrenonz says:

    Incredible !!! Maju terus mba merry riana :)

  2. arry cahyadi says:

    keren
    di tunggu filmnya MERRY RIANA

  3. mariani octaviana says:

    salam hangat mbak merry :) nama saya mariani octaviana, tapi saya biasa dipanggil nina. saya salah satu orang yang sangat terinspirasi dengan kisah anda,saya benar-benar kagum dengan motivasi hidup anda. pertama saya baca buku andayang berjudul a gift from a friend,saya disuruh baca buku itu dari sponsor saya dalam bisnis yang saya tekuni sekarang, kemudian karna saya tau ada buku kedua dan ketiga maka saya k toko buku ubtuk membeli dan alhamdulillah saya sudah membeli buku mimpi sejuta dolar dn sejuta dolar, namun saya tidak bisa mendapatkan buku a gift from a friend. padahal saya ingiiin skali memiliki buku itu. mbak merry yang baik hatinya :) saya ingin sekali mendapatkan buku itu, apakah masih ada yang di jual saya ingin sekali membelinya :) terima kasih

  4. Budi Sutanto says:

    Akan saya cari bukunya di gramed. Thanks infonya.Saya memang suka buku2 Biografi.

  5. ricky says:

    waw, hebat bgt ya, bs ktmu chris gardner^^, someday saya juga mau ketemu beliau dan mbak merry, skr lagi menapaki jalan sukses, di jalan yang bener seperti jalan mbak merry riana, lagi bangun agency yang kuat^^

  6. wildan seo says:

    kata kata positif orang yang selalu membangkitkan semangat,biasanya akan selalu diingat,seperti halnya saya yg selalu semangat setiap kali membaca tweets dari mbak merry ini,terima kasih mbak merry riana yg selalu membangkit kan rasa semangat dalam diri saya

  7. adibah says:

    berkat mimpi yg dbrengi kesungguhan dan krja keras. Semangaaat. .

  8. Mischa says:

    Makasih mbak Merry sudah mau share kisah2 yg inspiratif. Mimpi tuh harus benar2 dimani ya?!!! :)

  9. pinjaman tanpa agunan says:

    2 orang yang menjadi inspirasi saya, ketika saya sedang merasa down, saya coba putar lagi film tentang Chris Gardner & rekaman Mbak Merry Riana tayangan Life di salah satu TV swasta..Mereka selalu menjadi penyemangatku
    salam.
    -yudith-

  10. epiphania says:

    ternyata orang yg sdh mencapai mimpi yg tinggi pun masih diberikan Tuhan mimpi yg lebih besar lg. senang sekali jk suatu saat bs punya pengalaman spt ci Merry Riana.. aku akn berusaha.. semangat!! :)

  11. Penghuni 60 says:

    Aku juga suka ama filmnya..
    ^_^
    senang ya bs ketemu langsung

  12. Goenawan says:

    Kalian adalah dua sosok yang menginspirasi saya.
    Saya tunggu film-nya Merry.

  13. winda siahaan says:

    sosok yang saya banggakan
    yang menjadi pedoman dan pembangkit semangat saya dalam mencapai kesuksesan. saya tunggu fimnya kk, Tuhan memberkati :)

  14. Thaheer says:

    woooow….. Chris Gardner gan :matabelo
    Sukses terus mba Merry… Sehat, Sukses dan bahagia Selalu.. Aamiin

  15. shara yunita says:

    kakak aku cuma punya tulisan , minta saran nya yaaa http://shrynt.blogspot.com/ :’)

  16. tangan di atas says:

    Sukses itu mudah, asal tahu jalannya.. Mari.. semangat berwirausaha…

  17. Andarilukito says:

    Kemarin saya dengan talk show dgn CG. Ada yang lupa dan sangat penasaran tentang : konsep HOPE – harapan – jangan cuma berharap tapi juga merencanakan. Kemudian CG juga punya konsep C 4/C5 diantaranya yang paling saya ingat adalah Commitment.

    Dear Merry, apakah msh punya catatannya. Maklum sambil nyetir jadi ga konsen, sekarang kelimpungan cari jawabnya.

    Semoga Merry mau berbagi. Saya tunggu di Email saya.

    Thanks & Rgds,
    Ms Andarilukito

  18. Leony Hadiwibowo says:

    Ms Merry Riana tolong dong dikasih lihat foto-foto peserta dengan Ms Merry di Wealth Expo di Kota Kasablanka Jakarta 14 Sept 2013. Mr Chris Gardner muncul di akhir acara. Saya ikut menjadi peserta karena mendapat tiket gratis dari Ms Merry di acara Radio Sonora. Terima kasih dan sukses selalu untuk Ms Merry. GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>