17
Aug

Selamat Ulang Tahun, Indonesia-ku

Saya selalu bersyukur bahwa selama ini saya sudah diundang ke beberapa stasiun TV untuk bisa bercerita tentang perjalanan hidup saya dan membagikan inspirasi ke banyak orang. Namun ketika beberapa waktu yang lalu RCTI mengundang saya untuk menjadi narasumber di acara spesial, 17 Agustus 2012, ada kebanggaan tersendiri di hati saya. Saya bangga dan senang, karena tepat di hari kemerdekaan negara kita tercinta itu lah saya bisa bukan hanya saja merayakan, tapi juga bisa berbagi semangat dan inspirasi kepada seluruh rakyat Indonesia. Apalagi acara ini akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, tepat setelah upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Negara Jakarta.

Hari itu, 17 Agustus, tepat jam 7 pagi, saya sudah siap berangkat dari rumah meluncur ke gedung MNC di Kebon Sirih. Perjalanan sangat lancar, tidak ada kemacetan sedikitpun (alangkah bahagianya kalau Jakarta bisa seperti ini terus)

Sampai di gedung MNC, saya langsung menuju ruang make up. Dari situ, barulah saya beserta  kru dari tim Seputar Indonesia, RCTI (termasuk Mba Isyana dan Mas Gustav  yg akan menjadi host-nya) berangkat bersama menuju ke rumah kediaman Bung Hatta

Sungguh saya tidak pernah menyangka bahwa suatu hari saya akan bisa merayakan hari proklamasi kemerdekaan 17 Augustus langsung dari kediaman salah seorang dwitunggal, bapak proklamator kita, Bung Hatta. Benar-benar suatu kehormatan bagi saya.

Sementara kru sedang mempersiapkan acara LIVE nanti, saya ikut ‘memantau’ upacara detik-detik proklamasi dari layar TV kecil yang tersedia di sana. Melihat suasana di Istana negara, jadi teringat ketika SMP dulu pun saya sempat pernah ikut aubade, menyanyikan lagu-lagu nasional di hadapan bapak presiden. Walaupun dibutuhkan persiapan berbulan-bulan dan latihannya pun sangat melelahkan, tapi semua perasaan itupun sirna dan berubah menjadi suatu kebanggaan, bisa menjadi bagian yang menyukseskan acara peringatan 17 Agustus.

Oh iya, hampir lupa, di dalam kesempatan ini, saya akan hadir bersama Budawayan Senior, Mas Arswendo Atmowiloto.

Setelah selesai liputan upacara di istana, kami langsung LIVE dari kediaman Bung Hatta. Tema hari itu adalah “Indonesiaku, Indonesiamu.”  Dan di segment pertama langsung membahas tentang ‘Yang muda, Yang korupsi’. Ternyata banyak pihak yang sangat khawatir akan masa depan Indonesia, karena generasi muda yang diharapkan menjadi penerus bangsa, tapi kok justru malah terlibat dalam kasus-kasus korupsi besar yang akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat. Mas Arswendo kemudian membahas dan memberikan pandangannya terhadap hal tersebut.

(Thank you untuk teman-teman yang sudah nonton acaranya, dan bahkan nongkrong di depan TV utk foto-in dan dikirim ke saya :) Thank you bangeeeet yah :) )

Ketika ditanya, bagaimana perasaan saya, sebagai generasi muda Indonesia menanggapi hal itu, saya langsung menjawab: “Memang ini adalah suatu hal yang sangat disayangkan, tetapi saya yakin bahwa ini hanyalah segelintir kecil dari banyaknya generasi muda Indonesia yang positif, berkarya untuk Indonesia dan bisa dijadikan teladan bagi orang banyak. Ada satu kalimat yang sangat menginspirasi saya, Pahlawan bangsa kita, Bung Karno mengatakan “Seribu orang berjiwa tua hanya dapat bermimpi, tapi satu orang berjiwa muda, dapat mengubah dunia”. Dan saya yakin, pada kesempatan ini, ada ribuan, bahkan jutaan penduduk Indonesia yang berjiwa muda. Saya yakin kita PASTI BISA membangun Indonesia, dan berkarya untuk Indonesia.”

Segment berikutnya kemudian membahas beberapa contoh generasi muda Indonesia yang bisa sukses  walaupun dengan beberapa keterbatasan. Menjelang akhir acara, Mba Isyana pun bertanya kepada saya “Kalau begitu, kiat-kiat sukses menurut Merry Riana tuh seperti apa sih? Supaya generasi muda Indonesia pun bisa sukses tanpa harus korupsi?”

Buat FRIENDS yg waktu itu ngga sempet nonton acaranya, jangan khawatir, saya akan jawab pertanyaan dari Mba Isyana itu di blog ini :) Berikut adalah jawaban saya:

“Saya sangat bersyukur karena saya bisa mendapatkan pendapatan satu juta dolar pertama saya di usia 26 tahun, tapi saya lebih bangga lagi karena saya bisa membuktikan bahwa: walaupun kita berada di jalan yang lurus, kita pun bisa meraih kesuksesan dan mimpi-mimpi kita. Untuk mewujudkan itu semua, kita harus jadi generasi muda yang KUAT. Ada 3 hal yang harus dikuatkan:

1. Kuatkan Pikiran: Berani bermimpi besar. Milikilah cita-cita dan harapan yang tinggi, karena titik awal keberhasilan adalah impian.

2. Kuatkan Hati: Jangan mudah menyerah, Jangan cengeng. Perkuat mental. Rintangan itu pasti ada, Cobaan itu banyak. Tapi ingat, di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

3. Kuatkan Iman: Apapun juga kepercayaan Anda, sertakanlah Tuhan di dalam pekerjaan Anda, hidup Anda, mimpi-mimpi Anda.

Hidup memerlukan perjuangan, perjuangan memerlukan pengorbanan, pengorbanan memerlukan ketabahan, ketabahan memerlukan keyakinan. Maka dari itu Yakinlah! Yakin bahwa kita PASTI BISA !! Kita PASTI BISA membangun Indonesia, Kita PASTI BISA berkarya untuk Indonesia!”

Selamat Ulang Tahun Indonesia-ku
INDONESIA …. PASTI BISA !!

 

Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • StumbleUpon
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Yahoo! Buzz
  • Twitter
  • Google Bookmarks

About Merry Riana

Merry Riana is a Millionaire Entrepreneur, Best-Selling Author and Motivational Speaker.In just a short period of 4 years after her graduation, Merry has earned more than S$1,000,000 through her business. This achievement is featured as an article titled ‘She’s made her first million at just age 26’, in The Straits Times on 26th January 2007. In October 2010, Merry was conferred the Great Women of Our Time Award. As an icon in the regional, financial, and educational communities Merry has broken down barriers to become one of the most admired and watched individuals in the media today. visit www.MerryRiana.org to read more about Merry Riana
This entry was posted in Inspirational, Uncategorized. Bookmark the permalink.

6 Responses to Selamat Ulang Tahun, Indonesia-ku

  1. Regina Mimi says:

    Pasti Bisa..! Terima kasih atas motivasi singkat yang saya terima. Baru pertama kali berkunjung dan saya merasakan keinginan Kakak sangat besar untuk membantu Negara Indonesia menjauhi banyak hal buruk yang hampir mendarah daging. Saya berterima kasih atas kegigihan dan berbagai solusi yang Kakak upayakan. Saya percaya penuh bahwa semua upaya takkan sia-sia. Terima kasih banyak, Kak.
    God Bless you abundantly :)

  2. Yasinta RM says:

    Setuju…..Saya Yasinta RM, Sangat mendukung Gerakan Perubahan ke arah Positif untuk Bangsa Indonesia Kak Ria. I’m Nobody and soon will be Somebody because of Positive Mindset in My live (You’re remembering me again). Thanks GOD coz HE met You (kak Ria) me in PPM, on 1st Sept 12. Although, My Age isn’t eligible to be your friends (60 people). I already absorb the $ 1 million spirit to fight the 10 Billion barriers and focus to build my business that Inspire people around me.

  3. ryadmoko says:

    keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

  4. toko bunga kemuning bandung 022 3231374 081321314966 0853 1886 9886 says:

    sukses

  5. Mei Mei says:

    Youre my inspirasion kak merry…… God Bless you….

  6. Eka says:

    Salam kenal mbak Merry Riana. Ini kunjungan pertamaku ke blog ini meski nama mbak Merry dan buku mega best sellernya sudah terdengar cukup lama. Thanks banget buat sharingnya. Inspiring dan ‘mengusik’. Tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>